Menilik ke belakang sejenak

Malam ini saya punya misi untuk memindahkan dan mengunggah segala tulisan yang pernah saya buat di semua blog saya yang tersebar. Memulai hobby menulis sejak tahun 2008 berarti sudah 3 tahun lamanya saya menulis, walaupun hingga sekarang masih belum bisa menulis secara reguler dan terjadwal. Selama memindahkan tulisan saya tersebut, saya menemukan beberapa hal yang menarik. Pertama, gaya bahasa yang saya gunakan dalam menulis tampak berbeda dari tahun ke tahun dan dari tulisan ke tulisan. Awal menulis gaya bahasa yang saya gunakan lebih ke arah tulisan anak muda dan belum banyak terpengaruh dari penulis lain, kiblatnya merujuk pada gaya tulisan teman yang memiliki blog. Tahun kedua saya menulis gaya bahasa mulai ada perubahan, gaya bahasa mengikuti cara menulis blogger terkenal seperti raditya dhika dan dimas novriandi, yaitu santai dan kocak. Untuk tahun ini saya kembali melihat ada perubahan dalam penulisan saya, tampak lebih serius dan kaku. Kedua, ulasan dan isi tulisan saya juga tampak ada perubahan. Awal saya menulis masih berkisar pada kehidupan sehari-hari saya pribadi, anekdot dan pemikiran secara jenaka. Kemudian mulai berkembang dengan mulai menulis beberapa artikel yang lebih serius dan merujuk pada beberapa tulisan jurnal dan blog riset. Yang akan datang, saya mengharapkan bisa menuangkan semua pemikiran saya maupun pengalaman saya pada blog ini secara rutin. Tulisan merupakan sarana untuk bisa berbagi ilmu dan pemikiran pada semua orang. Bahkan hingga anak cucu, mereka dapat mengenal kita, pribadi dan pemikiran yang abadi adalah melalui tulisan. Mari kita budayakan menulis.

About widifajar85
teacher and learner

Leave a Reply

